Proses belajar mengajar yang menyenangkan merupakan kondisi yang selalu ingin dibangun oleh seorang guru. Dapatkah Anda membayangkan, apa yang
terjadi jika tak tercipta suasana menyenangkan dalam proses belajar
mengajar? Ya, siswa akan bosan dan tujuan dari penanaman ilmu oleh
pengajar tak akan tercapai. Bagaimana menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan? Beberapa tips ini mungkin bisa menjadi panduan.
Salah
satu hal yang harus dikedepankan adalah menyertakan partisipasi siswa
di dalam kelas. Selain untuk membangun komunikasi dengan siswa, pengajar
juga dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan bagi para siswa. Jika
situasi ini tak terbangun, bisa jadi siswa akan merasa canggung
berbicara dengan guru dan komunikasi tidak akan berjalan baik.
Akibatnya, pengajar juga akan mengalami kesulitan untuk mengetahui apa
yang menjadi keinginan siswa.
Ciptakan iklim yang nyaman buat anak didik Anda
Iklim
yang nyaman akan menghilangkan kecanggungan siswa, baik sesama guru
maupun antar siswa sendiri. Hal ini juga bisa mendorong siswa untuk
mengajukan pertanyaan, sehingga komunikasi antara pendidik dan anak
didik dapat terbangun. Sebagai pengajar, Anda dapat menjelaskan kepada
siswa bahwa tidak akan ada siswa lain yang akan mengejak ketika ia
bertanya. Beri motivasi kepada siswa bahwa dengan bertanya, akan
memudahkannya untuk lebih mengetahui tentang sesuatu hal daripada hanya
diam mendengarkan.
Dengarkan dengan serius setiap komentar atau pertanyaan yang diajukan oleh siswa Anda.
Jika
siswa Anda mengajukan pertanyaan, sebisa mungkin fokus dan
memperhatikannya. Meski sederhana, hal ini akan menumbuhkan kepercayaan
diri siswa karena ia merasa diperhatikan. Seringkali siswa merasa kurang
percaya diri sehingga enggan untuk memberikan kontribusi di dalam
kelas. Nah, tugas Anda sebagai pengajar, membangun kepercayaan diri
siswa dengan menunjukkan perhatian-perhatian saat siswa merasa sedang
ingin didengarkan.
Jangan ragu memberikan pujian kepada siswa
Anda juga bisa mencoba dengan memuji setiap komentar yang diajukan oleh anak didik Anda. Misalnya, "Oh, itu ide yang sangat bagus" ,atau "Pertanyaan kamu bagus, itu tidak pernah saya pikirkan sebelumnya”.
Beri pertanyaan yang mudah dijawab
Jika
hal diatas belum juga berhasil untuk mengajak siswa memberikan komentar
atau pertanyaan, giliran Anda untuk mengajukan pertanyaan memancing
yang bisa membuat anak didik Anda tidak lagi bungkam di dalam kelas.
Pastikan pertanyaan Anda mampu dijawab oleh siswa, sehingga saat
menjawab secara tidak langsung melatih siswa untuk berbicara.
Saat
siswa sudah mulai merespon, beri senyum kepada siswa yang sudah
berkomentar. Hal ini akan mengurangi rasa canggung yang biasa ia
perlihatkan.
Biarkan siswa mengetahui pelajaran sebelum kelas dimulai
Minta
agar para siswa mempelajari bahan yang nantinya akan Anda tanyakan.
Sehingga, ia akan mempersiapkannya terlebih dulu. Jika saat anda
bertanya dan para siswa tidak merespon, ubah format pertanyaan anda yang
hanya membutuhkan jawaban "ya" atau "tidak".
Controlling
Kontrol
para siswa dengan alat kontrol yang Anda miliki. Gunanya adalah untuk
mengetahui seberapa banyak siswa yang biasanya berpartisipasi dalam
kelas. Jika Anda menemukan beberapa siswa yang tingkat partisipasinya
dalam kelas sangat kurang, maka ajak ia berkomunikasi secara pribadi.
Mungkin dengan begitu ia akan merasa percaya diri. Selain itu, jika yang
Anda temukan hanyalah permasalahan kurang percaya diri yang menjadikannya
diam selama kelas berlangsung, maka tugas Anda selanjutnya adalah
memberi ia tugas yang bisa membantunya untuk berkomunikasi. Misalnya,
tugas berpidato dalam kelas.
Selamat mencoba!!
*dikutip dari www.compas.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Scout MAN Enrekang Cetak Rekor Empat Kali Berturut-turut Juara Umum PPMK Kabupaten
Malua (INMAS MAN ENREKANG) Hari Minggu, tanggal 6 oktober 2019, PPMK ke-IV dengan tema "Inovasi Tanpa Batas Untuk Madrasah Hebat ...
-
Lomba Keindahan dan Kebersihan Kelas di MAN Baraka yang sudah rutin diadakan sejak tahun lalu sangat terasa manfaatnya bagi para siswa dan p...
-
Pembukaan PORSENI MAN Baraka 2013 dilaksanakan di lapangan Baraka, dimulai dengan pengarahan-pengarahan dari panitia pelaksana kemudian pen...
-
Acara penamatan sekaligus ramah tamah siswa-siswi MAN Baraka TP. 2011/2012 telah di laksanakan tanggal 24 Mei 2012 kemarin. Acara tersebut d...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan komentar yang bersifat membangun...