Jumat, 04 Oktober 2019

Scout MAN Enrekang Mengikuti Hari Pertama PPMK IV dengan Penuh Semangat


Baraka (Inmas MAN enrekang) PPMK (Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupaten)merupakan kegiatan perkemahan Pramuka yang diikuti oleh seluruh madrasah tingkat kabupaten setiap tahun mulai dari MI, Mts,sampai MA,PPMK tahun lalu diadakan di   desa Siambo, Cendana dan pada tahun ini PPMK  IV di selenggarakan di Kecamatan Malua tepatnya di lapangan sepak bola Malua, MAN Enrekang mengirim 3 pembina dan 20 siswa/i sebagai panitia, kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 2-6 Oktober 2019.

"Saya telah melakukan survei diberbagai lokasi di Kabupaten Enrekang namun saya merasa Malua ini sangat cocok dan pas untuk kegiatan ini selain kondisi alam yang baik, saya juga ingin masyarakat Malua dan sekitarnya tahu bahwa madrasah itu memang hebat sesuai dengan slogan madrasah hebat bermartabat, terlepas dari ke-2 syarat tadi yang paling mendasar adalah keamanan kecamatan Malua yang sangat luar biasa" tutur kepala Kementrian Agama kabupaten Enrekang, Drs. H. kamaruddin SL, M.Ag dalam sambutan sekaligus pembukaan PPMK ke IV, Kamis 03 Oktober 2019.
Sebelum upacara pembukaan PPMK dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan DEVILE (pawai) yang termasuk salah satu rangkaian lomba yang diikuti oleh seluruh madrasah diantaranya madrasah ibtidaiyah yang berjumlah 20 sekolah, madrasah tsanawiyah 24 sekolah dan madrasah aliyah 9 sekolah dengan total sekolah peserta berjumlah 53 sekolah bersama dengan itu hadir pula grub drum band MTsN 1 Enrekang  dan MTsN 2 Alla, DEVILE di mulai dari kantor camat Malua sampai lapangan malua ,sekitar pukul 08:15 WITA. Penampilan Devile atau pawai dari MAN Enrekang terlihat kompak dan semangat, pertanda bahwa Scout MAN Enrekang sangat siap mengikuti tahapan lomba PPMK kali ini. 

Kegiatan selanjutnya adalah upacara pembukaan PPMK yang dipimpin oleh Irgi siswa kelas XII  IPA 4 dari Man  Enrekang, setelah itu pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Nur Hisani siswi kelas XI MIPA 2 yang juga dari MAN Enrekang. 

Acara selanjutnya laporan ketua panitia pelaksana, sambutan Kepala  Kantor Kementrian Agama kabupaten Enrekang Drs.H. Kamaruddin SL, M.Ag, setelah itu dilanjutkan dengan penyampaikan amanat pembina upacara sekaligus membuka perkemahan pramuka madrasah kabupaten ke IV secara resmi oleh Hamsir, S. Pd., M. Pd yang juga mewakili Bupati Enrekang,dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Pramuka madrasah yang dibawakan oleh grub Paduan Suara Pramuka MAN Enrekang asuhan ibu Yulia, SE. Pengucapan Pancasila, UUD tahun 1945 dan Dasa Darma pramuka, selanjutnya pengibaran bendera kegiatan, penyematan tanda peserta dan penyerahan cinderamata dari peserta peninjau, SMPN terpadu unggulan 1 Tana Tidung Kalimantan Utara. Kemudian acara Pembacaan doa.

Setelah upacara selesai peserta upacara tidak serta merta meninggalkan lapangan upacara karena  ditampilkan pula Tari Burung  Enggang oleh SMPN terpadu unggulan Kalimantan  Utara yang beranggotakan 6 penari, yang sekaligus peserta peninjau. Tarian ini  merupakan tari adat suku Dayak Kenya Kalimantan Utara. "Tarian ini menjadi tarian wajib dalam setiap upacara adat suku dayak  kenya tarian ini dulunya merupakan tarian yang dilaksanakan untuk menghormati arwah leluhur Dayak yang menurut kepercayaan suku dayak bahwa leluhur mereka mirip dengan burung enggang, hal unik lainnya adalah parang yang digunakan untuk menari, parang ini dihias dengan manik-manik sedangkan parang yang  asli memiliki ukiran kepala burung enggang dengan hiasan bulu berwarna putih" ucap mereka ketika diwawancarai tim pers dan jurnalistik MAN Enrekang, setelah membawakan tarian tersebut.

Hal inilah yang membedakan PPMK ke IV dengan PPMK sebelumnya. Kegiatan pembukaan PPMK IV selesai sekitar pukul 11.45 waktu setempat. Kemudian setelah Ishoma, lomba pun dimulai. Adapun lomba yang pertama adalah Lomba Pionering selanjutnya lomba yel-yel tingkat Madrasah Aliyah. Pada lomba yel-yel MAN Enrekang terlihat mempertunjukkan aksinya dengan penuh semangat dan sangat kompak. Tim Yel-yel MAN Enrekang dikomandoi oleh Faturrahman kelas XII MIPA 5 pun tak ayal, mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para penonton.
(Dilaporkan oleh Farhan, Mawar, Hasbiyah, Filky, dan Nurliani di lokasi kegiatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat membangun...

Scout MAN Enrekang Cetak Rekor Empat Kali Berturut-turut Juara Umum PPMK Kabupaten

Malua (INMAS MAN ENREKANG) Hari Minggu, tanggal 6 oktober 2019, PPMK ke-IV dengan tema "Inovasi Tanpa Batas Untuk Madrasah Hebat &...