Minggu, 31 Mei 2015

KEGIATAN PENGOMPOSAN SISWA MAN BARAKA

HUMAS MAN Baraka - Kegiatan pengomposan dilakukan oleh siswa MAN Baraka kelas X, komposter terdiri atas 3 stadium. Stadium 1 adalah awal proses pementasi (pembusukan) dengan bantuan mikro organisme dan starter berupa EM4 sisa sampah berupa kol, sawi, serta limbah rumah tangga sebagai starter utama. Pada stadium ke 2 adalah proses permentasi berlangsung dengan sempurna dan respirasi secara an aerop dengan starter EM4 hasil ekstrak dari bak pertama. Pada stadium ke tiga berarti bahan tersebut jadi dan sudah siap untuk digunakan.
 
Akram kelas XI IPA 2 sebagai ketua Pengomposan mengatakan bahwa kegiatan pengomposan ini merupakan langkah awal untuk mengatasi masalah sampah yang selama ini sangat mengganggu masyarakat dan elemen sekolah terutama karena menimbulkan polusi dan bau. Ternyata setelah dikelola dengan baik melalui proses pengomposan sampah tersebut sangat bermanfaat terutama untuk menyuburkan tanah dan ramah terhadap lingkungan. 
Setelah pengomposan alami atau pupuk kompos dilakukan maka lama-kelamaan masyarakat dan siswa akan beralih dari semula selalu menggunakan pupuk kimia akan beralih ke pupuk alami (pupuk kompos) dengan alasan:


      1    Pupuk kompos daya tahannya terhadap kesuburan tanah cukup lama.
      2    Penggunaannya sangat ramah terhadap lingkungan.
      3    Tidak mengandung zat kimia
      4    Mengatasi masalah polusi
      5    Dapat mengembalikan keadaan struktur tanah dari padat menjadi gembur

                                          Berikut ini foto kegiatan pengomposan siswa:
 Siswa menyiram bak kompos dengan starter alami


KOMPOSTER BAK 1 (AWAL)


KOMPOSTER BAK 2 (TENGAH)


KOMPOSTER BAK 3 (AKHIR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat membangun...

Scout MAN Enrekang Cetak Rekor Empat Kali Berturut-turut Juara Umum PPMK Kabupaten

Malua (INMAS MAN ENREKANG) Hari Minggu, tanggal 6 oktober 2019, PPMK ke-IV dengan tema "Inovasi Tanpa Batas Untuk Madrasah Hebat &...