Senin, 05 November 2018

Ada Program Sekolah Ramah Anak di MAN Enrekang

Baraka (Inmas MAN Enrekang) Tepat hari Kamis, 1 November 2018 dilaksanakan Program Sekolah Ramah Anak di MAN Enrekang. Program tersebut merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kerjasama dengan Yayasan Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip), Kemendikbud, KPAI, dinas PPPA, dinas Pendidikan, serta Kementerian Agama yang kali ini, MAN Enrekang ditunjuk sebagai wakil Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Enrekang. Program tersebut secara serentak dilakukan pada 1 November 2018 di seluruh Indonesia.

MAN Enrekang menjadi satu-satunya madrasah di Kabupaten Enrekang yang ditunjuk sebagai penyelenggara Sekolah Ramah Anak (SRA) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kegiatan Sekolah Ramah Anak ini secara umum kegiatannya mengacu pada Pembelajaran di Luar Kelas. Kegiatan Belajar di Luar Kelas tersebut dimulai pada pukul 7.30 sd 10.00. Jenis kegiatannya dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama oleh warga madrasah, kemudian sarapan makanan sehat, lalu membaca buku serentak di luar kelas atau di taman-taman sekolah.

Selanjutnya semua siswa MAN Enrekang yang jumlahnya 700 lebih diarahkan menuju lapangan guna melakukan simulasi sadar bencana melalui lagu dan gerak, kemudian bersama-sama mengucapkan yel-yel Sekolah Ramah Anak, senam GERMAS, permainan tradisional, lalu Deklarasi dan pengukuhan tim Sekolah Ramah Anak serta penandatanganan komitmen Sekolah Ramah Anak oleh semua warga madrasah di atas spanduk yang telah disediakan, kemudian yang terakhir yaitu menyanyikan lagu Maju Tak Gentar sambil mengibarkan bendera merah putih kecil oleh seluruh warga MAN Enrekang

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Enrekang bersama rombongannya yang memang dijadwalkan datang untuk meninjau kegiatan Belajar di luar Kelas tersebut. Pada bagian inti Dr. H. Rukman A. Rahman selaku Kepala Madrasah membacakan Deklarasi Sekolah Ramah Anak dan diikuti oleh semua guru dan siswa MAN Enrekang yang isinya tentang kesiapan MAN Enrekang untuk mewujudkan program sekolah ramah anak yang digagas oleh Kementerian PPPA kemudian Kepala MAN Enrekang mengucapkan yel-yel Sekolah Ramah Anak yang telah disiapkan sebelumnya. “Anak senang, guru tenang, orang tua bahagia” teriak beliau diikuti secara antusias dan kompak oleh seluruh peserta kegiatan.

Drs. Darwis selaku Wakil Ketua komite MAN Enrekang mengucapkan terima kasihnya atas program Sekolah Ramah Anak yang ditempatkan di MAN Enrekang. “Selaku Komite Sekolah kami sangat mengapresiasi program ini karena anak-anak kami bisa mengaktualisasikan diri mereka dengan program belajar di luar kelas”.

Hal senada juga diungkapkan oleh peserta kegiatan, “Kami sebagai siswa sangat berterima kasih kepada Dinas PPPA Kabupaten Enrekang yang telah menunjuk sekolah kami sebagai salah satu tempat dilaksanakan Program Sekolah Ramah Anak ini” Ucap Amelia Novianti kelas XI MIPA 3. “Kami sebagai siswa sangat senang dengan program ini karena kami bisa ekspresikan diri kami” Sambung Syahrul Djihat Kelas XII IPS 3 pada sesi wawancara. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat membangun...

Scout MAN Enrekang Cetak Rekor Empat Kali Berturut-turut Juara Umum PPMK Kabupaten

Malua (INMAS MAN ENREKANG) Hari Minggu, tanggal 6 oktober 2019, PPMK ke-IV dengan tema "Inovasi Tanpa Batas Untuk Madrasah Hebat &...