Minggu, 14 Juli 2019

Inilah Keseruan Kegiatan MPLM 2019 MAN Enrekang



Baraka (INMAS MAN ENREKANG) Kegiatan MPLM (Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah) atau biasa juga disebut MOS (Masa Orientasi Siswa) di MAN Enrekang dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 10 Juli 2019, kemudian ditambah dengan kegiatan Porseni Siswa Baru dari tanggal 11 s.d. 13 Juli 2019.

Jumlah calon siswa baru MAN Enrekang 2019 sekitar 277 siswa, para calon siswa baru tersebut kemudian dikelompokkan menjadi 9 gugus. Untuk materi yang dibawakan pada setiap pertemuan di setiap gugus antara lain, Wawasan Wiyata Mandala, Hak dan Kewajiban Siswa, Sosialisasi Ekskul, Akhlakul Karimah, Tata Cara Sholat, Baca Tulis Al-Qur’an, Olah Raga Gembira, dan Observasi Lingkungan/Baksos.

Adapun yang membawakan materi adalah para guru MAN Enrekang yang sudah sudah diberikan jadwal oleh pihak panitia.


Ada beberapa hal menarik dan seru dalam pelaksanaan MOS tahun ini, seperti diberlakukannya sesi Breakfast atau sarapan pagi bagi para calon siswa baru. Setiap paginya para calon siswa baru diarahkan untuk mengikuti apel pagi di lapangan madrasah, lalu mereka dikoordinir untuk sarapan pagi dengan snack yang mereka bawa dari rumah masing-masing.

Rus'an Shamad, SE. selaku koordinator kegiatan dalam arahannya pada hari Selasa pagi, tanggal 9 Juli 2019, mengajak siswa untuk tetap mengikuti aturan-aturan selama pelaksanaan MOS. “Kami mengharapkan kepada para calon siswa baru MAN Enrekang agar tetap disiplin dalam mengikuti kegiatan-kegiatan selama MOS, usahakan jangan membawa kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik sewaktu masih sekolah di sekolah menengah pertama”. Jelas guru BK tersebut. Setelah itu siswa diminta mengeluarkan roti dan minumannya untuk sarapan pagi bersama di lapangan madrasah. Hal tersebut diharapkan agar para siswa terbiasa sarapan pagi sebelum beraktivitas.

Setelah sarapan pagi, siswa dikoordinir menuju ke gugus masing-masing untuk mengikuti materi dari para guru. Hal menarik lainnya yakni pada sesi pelatihan atau praktik tata cara sholat. Pemateri menyuruh beberapa siswa untuk praktik tata cara sholat wajib di hadapan teman-temannya. Dimulai dari takbiratul ihram hingga salam.



Kegiatan materi MOS atau MPLM berakhir pada hari Rabu, 10 Juli 2019. Setelah itu para calon siswa mengikuti Porseni antar gugus selama tiga hari. Rencananya seluruh tahapan MPLM ditutup secara resmi pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2019. (MUR)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat membangun...

Scout MAN Enrekang Cetak Rekor Empat Kali Berturut-turut Juara Umum PPMK Kabupaten

Malua (INMAS MAN ENREKANG) Hari Minggu, tanggal 6 oktober 2019, PPMK ke-IV dengan tema "Inovasi Tanpa Batas Untuk Madrasah Hebat &...